Syarat Dan Ketentuan Aplikasi RUPI

MOHON ANDA MEMERIKSA SYARAT DAN KETENTUAN INI DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENGGUNAKAN LAYANAN UNTUK PERTAMA KALI.
Selamat datang di Aplikasi PT. RUPI.
Terima kasih Anda telah mengunduh Aplikasi yang disediakan oleh PT Reformasi Uang Pembayaran Indonesia (RUPI).

Dengan mengunduh, memasang, dan/atau menggunakan Aplikasi, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan tanpa terkecuali. Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian antara Anda dengan RUPI. Untuk dapat menggunakan Layanan Aplikasi, Anda harus menyetujui Syarat dan Ketentuan.

PT. RUPI memiliki Layanan yang beragam sehingga PT. RUPI berhak mencantumkan atau memberlakukan persyaratan tambahan (termasuk persyaratan mengenai usia) terkait dengan Layanan tertentu, dimana persyaratan tambahan tersebut merupakan bagian dari Layanan dan akan tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan ini.

Kami berhak untuk setiap waktu mengubah, menambah, mengurangi, mengganti, menyesuaikan, dan/atau memodifikasi Syarat dan Ketentuan (baik sebagian maupun seluruhnya). Setiap perubahan, penambahan, pengurangan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasi yang dibuat dari waktu ke waktu atas Syarat dan Ketentuan, akan kami cantumkan dalam website Kami yaitu www.RUPI.id dan/atau melalui Aplikasi ini yang akan berlaku terhitung 30 (tiga puluh) hari setelah di umumkan/ pemberitahuan. Untuk itu Anda diwajibkan untuk dari waktu ke waktu membaca Syarat dan Ketentuan yang Kami sediakan dalam website tersebut di atas atau melalui Aplikasi. Apabila dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah di umumkan/ pemberitahuan anda tidak menanggapi perubahan syarat dan ketentuan yang dimaksud, maka anda dianggap telah menyetujui pemberlakuan perubahan syarat dan ketentuan yang dimaksud tersebut.

PT. RUPI merupakan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran berupa Penerbit Uang Eletronik sekaligus penyedia platform untuk sebagian besar Layanan (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) yang disediakan oleh PT. RUPI maupun Penyedia Layanan yang bekerja sama dengan PT. RUPI.

Anda memahami dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul dari penggunaan Layanan atau setiap penggunaan Akun dan/atau PIN sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda dan Anda tidak akan mengajukan Klaim dalam bentuk apapun kepada PT. RUPI.

Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap Anda maupun atas Transaksi atau atas penggunaan Layanan oleh atau melalui Akun Anda dimanapun Anda berada, baik di wilayah Republik Indonesia maupun di wilayah negara lainnya.
ISTILAH DAN DEFINISI
  1. “PT. Reformasi Uang Pembayaran Indonesia” adalah PT. RUPI yang akan menerbitkan uang elektronik bernama RUPI CASH;
  2. “RUPICASH” adalah layanan alat pembayaran berbasis mobile yang diterbitkan oleh PT. Reformasi Uang Pembayaran Indonesia (dengan merek dagang RUPICASH). RUPICASH merupakan layanan uang elektronik, dan nilai uang elektronik yang dikelola di RUPICASH bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang yang mengatur mengenai perbankan.
  3. “Perikatan” adalah perjanjian atau kesepakatan antara PT. RUPI dengan Pengguna sebagai pihak (yang menerima) untuk pelaksanaan syarat dan ketentuan ini.
  4. “Akun Rupicash” adalah rekening pengguna dalam bentuk virtual yang diperoleh setelah pengguna melakukan registrasi dan terdaftar sebagai Pengguna RUPICASH, yang dapat digunakan untuk mengakses, menggunakan dan/atau menikmati Layanan serta untuk mencatat, memonitor dan/atau melihat seluruh transaksi dan/atau aktivitas yang Anda lakukan melalui atau menggunakan Aplikasi termasuk jumlah Saldo pada Akun;
  5. “Bank” adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan transaksi keuangan yang bekerjasama dengan RUPICASH
  6. “Data” berarti adalah setiap informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu (termasuk pada saat Anda mengunduh (download) Aplikasi) Anda sampaikan kepada (PT. RUPI/Penyedia Layanan) atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui Aplikasi termasuk tetapi tidak terbatas pada (a) nama, email, nomor handphone, kewarganegaraan, jenis identitas, nomor identitas, tanggal lahir, tempat lahir, jenis kelamin, alamat sesuai kartu identitas (alamat, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota), kode pos, agama, status pernikahan, pekerjaan, kewarganegaraan, jangka waktu identitas, alamat korespondensi (alamat, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota), NPWP, nama gadis ibu kandung, informasi keluarga (nama ayah dan nama pasangan), dan kontak darurat (antara lain nama keluarga, alamat, nomor telepon/HP) dan (b) data yang dihasilkan atau diperoleh dari penggunaan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun.
  7. “Klaim” berarti teguran, bantahan, somasi, gugatan, klaim, tuntutan, kerugian, penyelidikan, konsekuensi, proses hukum, perkara, sengketa, penyitaan, pengagunan dan/atau pembebanan dalam bentuk apapun, dimanapun dan dari pihak manapun, termasuk tetapi tidak terbatas dari Anda maupun dari suami, istri, anak dan/atau atau ahli waris Anda.
  8. “Klasifikasi Pengguna” berarti tipe golongan pengguna aplikasi dan/atau layanan PT. RUPI yaitu:
    a. “Pengguna Silver” berarti Pengguna yang telah menggunakan Aplikasi RUPI dan belum dilakukan Customer Due Dilligence (CDD) oleh PT. RUPI;
    b. “Pengguna Gold” berarti Pengguna yang telah menggunakan Aplikasi RUPI dan telah dilakukan CDD oleh PT. RUPI;
  9. “Layanan” berarti program, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang disediakan dan/atau ditawarkan PT. RUPI dalam atau melalui Aplikasi.
  10. “Layanan Pelanggan (Hello RUPI)”adalah fungsi customer service center untuk pengguna yang dapat dihubungi lewat panggilan telepon, chat, email dan/atau layanan lainnya.
  11. “Merchant” adalah penjual barang dan/atau jasa yang menerima transaksi pembayaran dari Pengguna.
  12. “One-time Transaction Password (OTP)” berarti rangkaian angka, sebagai kode 4 digit rahasia yang dibuat secara acak oleh sistem untuk dikirimkan ke nomor telepon seluler pemegang Aplikasi yang bertujuan untuk mengamankan akun dari penyalahgunaan tanpa sepengetahuan anda dengan cara mengirimkan notifikasi ke telepon seluler anda untuk meminta persetujuan.
  13. “Pengguna” adalah individu dan/atau badan hukum yang terdaftar pada Aplikasi dan/atau Layanan RUPICASH.
  14. “Penyedia Layanan” adalah satu atau lebih pihak yang ditunjuk oleh PT. RUPI atau yang memiliki kerjasama dengan PT. RUPI untuk penyediaan, pengoperasian dan/atau pengelolaan Aplikasi dan/atau Layanan.
  15. “PIN” berarti rangkaian angka sebanyak 6 digit, sebagai kode rahasia yang dibuat oleh pengguna untuk keamanan atas akses dan/atau penggunaan Akun dan bersifat rahasia, tidak boleh diberitahukan kepada siapapun;
  16. “Pertanyaan Keamanan” berarti rangkaian pertanyaan yang sudah ditentukan oleh PT. RUPI, sebagai validasi pengguna untuk keamanan atas akses perubahan PIN dan/atau perubahan status Akun dan bersifat rahasia, tidak boleh diberitahukan kepada siapapun;
  17. “Sistem” berarti seluruh rangkaian operasional, perangkat (baik hardware maupun software), jaringan, server, koneksi (termasuk koneksi internet), keterhubungan, infrastruktur serta perangkat, sarana dan prasarana lainnya yang dibangun, dibuat, dikelola dan/atau dioperasikan untuk penggunaan dan/atau penyediaan Aplikasi dan Layanan.
  18. “Syarat dan Ketentuan” berarti Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
  19. “Transaksi” berarti segala kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui Aplikasi, Akun dan/atau PIN termasuk penggunaan Layanan atau fitur-fitur tertentu dalam Layanan atau Aplikasi.
  20. “Uang Elektronik” adalah alat pembayaran yang memenuhi unsur-unsur berikut:
    a. diterbitkan atas dasar jumlah nominal uang yang disetor terlebih dahulu kepada RUPI sebagai penerbit;
    b. jumlah nominal uang disimpan secara elektronik dalam suatu media RUPI yang teregistrasi;
    c. jumlah nominal uang elektronik yang dikelola oleh RUPI sebagai penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan; dan
    d. digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut.
KETENTUAN PENGGUNAAN
  1. Beberapa persyaratan berikut harus terpenuhi agar dapat menggunakan aplikasi RUPI:
    a. berusia 17 tahun atau lebih;
    b. memiliki kecakapan hukum atau mampu melaksanakan tindakan hukum sesuai peraturan yang berlaku;
    c. warga negara Indonesia yang memiliki KTP yang dikeluarkan resmi oleh Pemerintah Indonesia.
  2. Dengan mengunduh Aplikasi dan melakukan pendaftaran, Anda menyetujui dan mengakui bahwa Anda telah memberikan instruksi yang tidak dapat dicabut kembali kepada PT. RUPI untuk:
    a. Membuka satu Akun dimana Akun tersebut dapat PT. RUPI buka pada Sistem PT. RUPI dan/atau pihak lainnya yang bekerjasama dengan PT. RUPI. Anda dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa setiap Akun yang PT. RUPI buka untuk Anda tetap merupakan hak milik anda yang setiap penggunaannya terikat dengan Syarat dan Ketentuan.
    b. Memberikan kuasa kepada PT. RUPI untuk dapat menjalankan transaksi sebagaimana yang telah anda instruksikan baik dalam pengisian ulang (top up), transfer dana kepada sesama pengguna, pembelian dan/atau pembayaran.
    c. Anda mengetahui bahwa uang elektronik dalam aplikasi RUPI ini bukanlah simpanan menurut Undang-Undang Perbankan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  3. Pendaftaran hanya dapat dilakukan dengan Aplikasi Mobile dan seluruh proses akan diselesaikan melalui Aplikasi Mobile. Dengan demikian, (calon) Pengguna harus memiliki smartphone dan memiliki nomor ponsel yang aktif dan valid agar dapat menerima SMS (Short Messages Service) dan/atau OTP yang dikirim oleh PT. RUPI.
  4. Sebagai bagian dari proses pendaftaran dan/atau upgrade akun, informasi identitas diri berupa KTP/ Persyaratan lainnya harus diunggah dan diajukan kepada Kami dengan menggunakan kamera smartphone dengan Aplikasi Mobile. Setiap Pengguna hanya dapat mengunggah 1 informasi identitas diri yang berlaku hanya untuk 1 akun dalam mendaftarkan akun.
  5. Dalam proses upgrade akun, Anda menyatakan bahwa informasi identitas diri berupa KTP/Persyaratan lainnya merupakan milik Anda sendiri. Dan Anda bertanggung jawab atas kebenaran dari identitas yang anda unggah melalui aplikasi RUPICASH.
  6. Sebagai prasyarat, calon Pengguna harus memberikan alamat email aktif miliknya sendiri yang memiliki kapasitas memadai untuk menerima pesan yang dikirim oleh PT. RUPI, segala informasi akan dikirimkan via email yang sudah didaftarkan pada aplikasi RUPICASH, PT. RUPI tidak bertanggung jawab atas keabsahan, kepemilikan, aktivitas dan kapasitas alamat email tersebut.
  7. Dalam proses registrasi atau pembuatan Akun, PT. RUPI berhak melakukan verifikasi Data serta melakukan pemeriksaan kepada lembaga kependudukan, dan berhak untuk menolak kepesertaan calon pengguna apabila data yang diberikan terdapat ketidak sesuaian dengan data dari kependudukan.
  8. Jika pengguna ingin melakukan pengakhiran kepesertaan dapat mengajukan tutup akun kepada PT. RUPI melalui aplikasi, jika masih terdapat saldo dapat memberikan nomer rekening dengan nama sesuai dengan nama pendaftaran atau dapat mengambil di kantor PT. RUPI, dan memenuhi persyaratan tambahan yaitu meminta kepada Anda untuk membubuhkan tanda tangan Anda pada formulir atau dokumen lainnya yang akan disediakan atau diberikan kepada Anda oleh petugas PT. RUPI
  9. Untuk keamanan dalam bertransaksi selain kode verifikasi, Anda diwajibkan membuat PIN pribadi Anda, yang harus Anda ingat setiap saat apabila Anda akan menggunakan Layanan atau melakukan Transaksi.
  10. PIN merupakan kode yang bersifat pribadi dan rahasia, serta kewenangan penggunaannya hanya ada pada Anda. Anda wajib mengamankan PIN dengan cara:
    a. tidak memberitahukan PIN kepada, serta merahasiakan PIN dari, orang atau pihak lain dalam kondisi apapun dan karena alasan apapun;
    b. berhati-hati dalam menggunakan PIN sehingga tidak terlihat, diketahui atau terbaca oleh orang atau pihak lain;
    c. secara berkala melakukan penggantian PIN yang hanya dilakukan dan diketahui oleh Anda; dan
    d. tidak mencatat atau menyimpan PIN yang dapat dibaca, diakses atau diketahui oleh orang atau pihak lain.
  11. Dalam hal Anda mengetahui atau menduga PIN telah diketahui atau digunakan oleh orang atau pihak lain selain Anda, maka Anda wajib segera melakukan pengamanan dengan melakukan perubahan PIN Anda, yaitu dengan memilih menu LUPA PIN dalam Akun Anda. Dalam melakukan perubahan PIN, Anda diwajibkan untuk mejawab pertanyaan keamanan yang sudah anda daftarkan pada saat membuat Akun.
  12. Segala perintah dan Transaksi berdasarkan penggunaan PIN dan/atau Akun Anda baik oleh Anda maupun oleh orang atau pihak manapun termasuk oleh pihak yang tidak berwenang sepenuhnya merupakan beban dan tanggung jawab Anda.
  13. Penggunaan PIN dan/atau Akun mempunyai kekuatan hukum dan oleh karenanya Anda dengan ini setuju dan menyatakan bahwa penggunaan PIN dan/atau Akun dalam setiap perintah atas Transaksi pada Akun Anda juga merupakan pemberian kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat dari Anda kepada PT. RUPI untuk melaksanakan Transaksi yang diperintahkan, termasuk tetapi tidak terbatas pada untuk melakukan pendebetan rekening saldo yang masih tersedia dalam Akun Anda.
  14. Akun akan menerima dan menjalankan setiap perintah atau Transaksi yang diberikan berdasarkan penggunaan PIN dan Anda dengan ini menyatakan dan menyetujui bahwa perintah tersebut akan dianggap sebagai perintah yang sah dari Anda dan mengikat Anda. Seluruh Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan atau melalui Akun dan/atau PIN milik Anda akan dianggap sebagai perintah yang sah dari Anda dan akan digunakan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis atau dokumen yang ditandatangani oleh Anda. Untuk itu PT. RUPI tidak memiliki kewajiban dalam bentuk apapun untuk meneliti, menyelidiki, memverifikasi, memastikan dan/atau meneliti keaslian, kebenaran maupun keabsahan, kewenangan dan/atau penggunaan Akun dan/atau PIN dari Anda, atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan perintah dimaksud.
  15. Setelah Anda memenuhi seluruh persyaratan aktivasi sebagaimana terdapat dalam Aplikasi maupun dalam Syarat dan Ketentuan, PT. RUPI akan membuat Akun untuk Anda.
  16. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan uang untuk pembayaran dengan menggunakan saluran topup RUPICASH atau melalui Kantor PT. Rupi. Instrumen pembayaran tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran kepada Merchant.
  17. Nilai saldo yang terdapat di dalam data instrumen pembayaran Uang Elektronik Anda, dapat pula dilakukan transfer dana terhadap seluruh dana yang ada dengan aplikasi RUPICASH (hanya pengguna RUPICASH GOLD), dan hanya dapat melaksanakan transfer dana ke sesama pengguna RUPICASH.
  18. Anda dapat setiap saat menutup dan mengakhiri layanan instrumen pembayaran Uang Elektronik Anda.
  19. Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun atau melakukan Transaksi sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
  20. Layanan, Aplikasi maupun Akun tidak tersedia atau tidak dapat digunakan untuk (a) orang atau pihak yang tidak cakap menurut hukum untuk melakukan perbuatan hukum atau untuk membuat atau mengikatkan diri dengan suatu perjanjian; atau (b) orang atau pihak yang berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dilarang untuk mengunduh Aplikasi atau untuk menggunakan Layanan atau Akun atau untuk mengikatkan diri dengan Syarat dan Ketentuan.
  21. Setiap perintah yang Anda setujui atau yang dibuat atau dilakukan melalui atau dengan menggunakan Akun dan/atau PIN akan tersimpan pada pusat data elektronik PT. RUPI atau Sistem, dan karenanya akan dianggap sebagai bukti perintah yang sah dari Anda untuk melaksanakan transaksi dan/atau aktivitas yang Anda perintahkan.
  22. Setiap perintah dari Akun atau permintaan penggunaan Layanan akan dikirim secara elektronik dan tersimpan dalam pusat data elektronik PT. RUPI, Sistem dan/atau dalam bentuk lainnya, termasuk tetapi tidak terbatas dalam bentuk dokumen tertulis, catatan, print out komputer dan/atau salinannya, dimana masing-masing dan seluruh bentuk penyimpanan tersebut merupakan alat bukti yang sah. Anda dengan ini sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak mengajukan Klaim dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun atas keabsahan, kebenaran, keaslian, dan/atau keberlakukan dari alat bukti tersebut.
  23. PT. RUPI berhak menolak perintah-perintah Pengguna berdasarkan kebijakannya sendiri yang dianggap benar dan baik, apabila Pengguna terbukti melanggar ketentuan di dalam persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh PT. RUPI di dokumen tertulis lain yang resmi diterbitkan oleh PT. RUPI, serta tunduk kepada ketentuan Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia, termasuk didalamnya Peraturan Bank Indonesia. Instruksi Pengguna hanya dapat dibatalkan dan/atau diubah apabila transaksi atas instruksi tersebut masih belum memperoleh persetujuan dari PT. RUPI.
PANDUAN SINGKAT
  1. Aplikasi RUPI merupakan aplikasi perangkat lunak dimana seluruh instruksi yang Anda lakukan akan berasal dari mobile aplikasi atau online.
  2. Aplikasi RUPI dapat dioperasikan melalui HP Android (OS 4.2 ke atas) melalui Google Play Store.
  3. Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi instruksi dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan yang berbeda (misalnya Pertanyaan Keamanan, nama pengguna) jika dibutuhkan.
  4. Setelah melakukan otorisasi, RUPI akan melaksanakan instruksi sesuai perintah Anda, Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain.
  5. RUPI memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan terjaga dengan baik. Penggunaan data Anda akan PT. RUPI lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  6. Anda dapat menanyakan atau memberi masukkan kepada PT. RUPI melalui Layanan Pelanggan PT. RUPI pada nomor :[+62 811 809 990].
FITUR PRODUK RUPICASH
SALDO RUPI CASH
  1. Saldo RUPI Cash adalah saldo uang yang dapat digunakan seluruh Pengguna untuk melakukan transaksi pada dan/atau menggunakan aplikasi RUPI.
  2. Pengguna dapat melakukan top up (atau menambah) saldo yang tersedia.
  3. Layanan RUPI terdiri dari 2 (dua) tipe yaitu:
    (a) Tipe Pengguna Silver (yaitu dengan batas nilai nominal saldo maksimal Rp 2 juta) dan
    (b) Tipe Pengguna Gold (yaitu dengan batas nilai nominal saldo maksimal Rp 10 juta).
  4. Pengguna yang akan melakukan upgrade akun Tipe Pengguna Silver menjadi Tipe Pengguna Gold, wajib mengupload foto Identitas diri berupa KTP dan melakukan swafoto diri sambil memegang KTP.
  5. Batas maksimum Transaksi yang bersifat incoming seperti setoran masuk dalam 1 (satu) bulan kalendar adalah Rp 20 juta (dua puluh juta rupiah).
  6. Saldo uang elektronik yang tersimpan dalam rekening RUPICASH:
    a. Bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Perbankan dan Undang-Undang tentang Perbankan Syariah.
    b. Tidak termasuk yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam UndangUndang tentang Lembaga Penjamin Simpanan.
    c. Tidak mendapatkan bunga dalam bentuk apapun.
TRANSFER DANA
  1. Transfer Dana adalah kegiatan pengiriman uang melalui sarana RUPICASH (hanya pengguna RUPICASH Gold) dengan cakupan:
    a. Pengiriman uang ke sesama pengguna RUPICASH.
  2. Produk ini hanya tersedia untuk Pengguna Gold.
  3. Pengguna dibebankan biaya atas layanan transfer dana ini sesuai dengan yang ditentukan oleh perusahaan melalui aplikasi dan/atau web perusahaan.
  4. Transfer Dana yang berhasil yang berhasil dapat dilihat pada riwayat transaksi "Transfer" yang tersedia pada aplikasi RUPI.
TRANSAKSI FINANSIAL
  1. Transaksi Finansial adalah transaksi keuangan yang dapat dilakukan oleh pengguna diantaranya seperti Top Up, Pembelian (Pulsa, Data, Saldo E-Money), Pembayaran (Tagihan Pasca Bayar, Merchant, Biller, dan Tarik Tunai).
  2. Transaksi Finansial yang berhasil dapat dilihat pada riwayat transaksi “All", "Pulsa & data”, "PPOB" dan "TopUp" yang tersedia pada aplikasi RUPI
AFILIASI
  1. Produk Afiliasi adalah fitur marketplace dari seluruh pihak ketiga dan/atau pihak terkait dengan perusahan.
  2. Pengguna dapat mengetahui informasi mengenai produk-produk afiliasi yang terkini yang menerima pembayaran dengan RUPI berikut promo-promo menarik lainnya melalui aplikasi RUPI yang akan dikomunikasikan di kemudian hari.
TENTANG PENGGUNAAN
  1. Cara penggunaan dan/atau pembayaran dapat berubah dan/atau bertambah dari waktu ke waktu, sebagaimana Kami informasikan. Perubahan dan/atau penambahan tersebut dapat menyebabkan suatu kebutuhan untuk dilakukannya update atas aplikasi RUPICASH.
  2. Saldo RUPICASH Pengguna akan dikurangi secara otomatis dengan jumlah yang dimasukkan atau dikonfirmasi oleh Pengguna untuk pembayaran terkait, selama Saldo RUPICASH Pengguna mencukupi. Jika Saldo RUPICASH Pengguna tidak mencukupi pembayaran terkait, Kami dapat menolak memproses pembayaran Pengguna.
  3. Transaksi yang telah Pengguna konfirmasi dan Kami proses, tidak dapat dibatalkan. Kami memiliki hak sepenuhnya untuk menguji dan memutuskan permintaan pembatalan berdasarkan tinjauan kasus per kasus.
  4. Jika Pengguna meminta pengembalian uang, maka klaim pengembalian uang tersebut dapat disampaikan kepada PT. RUPI melalui Layanan Pelanggan PT. RUPI pada nomor :[+62 811 809 990] atau datang ke Kantor PT. RUPI. Klaim pengembalian uang kepada Kami selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal transaksi dengan menyampaikan bukti pendukung yang cukup. Dalam hal demikian Kami akan memproses pengembalian uang berdasarkan hasil tinjauan kami atas klaim tersebut.
  5. Pengguna memahami bahwa Kami merupakan penyelenggara jasa sistem pembayaran. RUPICASH tidak memiliki kontrol atau memikul tanggung jawab ataupun legalitas atas barang atau jasa yang dibayar dengan layanan Kami. Setiap keluhan dan/atau klaim terkait barang dan/atau jasa yang disediakan oleh Mitra Resmi atau pihak ketiga lainnya wajib Pengguna sampaikan secara langsung kepada pihak ketiga atau Mitra Resmi yang terkait.
  6. Kami perlu Anda mengerti bahwa penggunaan Akun RUPICASH dan/atau layanan RUPICASH merupakan tanggung jawab pribadi Pengguna. JANGAN MEMBERI AKSES ATAU MEMBIARKAN ORANG LAIN UNTUK MENGAKSES AKUN RUPICASH ANDA. Pengguna setuju bahwa setiap perintah transaksi yang dibuat melalui Akun RUPICASH milik Pengguna dari Aplikasi RUPICASH akan dianggap telah diotorisasi oleh Pengguna dan oleh karenanya merupakan perintah transaksi dari Pengguna. Kami tidak bisa dan tidak akan bisa dimintakan pertanggungjawaban atas setiap kerugian atau klaim yang timbul karena penggunaan Pengguna atas akun RUPICASH dan/atau layanan RUPICASH yang dilakukan dengan melanggar Ketentuan ini.
TENTANG PIN DAN PERTANYAAN KEAMANAN
  1. PIN (Personal Identification Number) diperlukan untuk melakukan transaksi sebagai keabsahan atau verifikasi bahwa transaksi benar-benar dilakukan oleh Pengguna.
  2. PIN dapat diganti atau di-reset oleh Pengguna melalui aplikasi RUPICASH pada menu ganti PIN.
  3. Untuk proses ganti PIN, Pengguna akan diminta untuk menjawab Pertanyaan Keamanan yang sudah didaftarkan pada saat pembuatan akun.
  4. Apabila Pengguna lupa alamat email, Pengguna dapat menghubungi RUPICASH Call Center:[+62 811 809 990], ataupun [email protected].
  5. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kerahasiaan PIN. Kerugian yang timbul akibat kegagalan/kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan kode PIN merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya. Setiap pengiriman PIN yang diverifikasi dari Akun RUPICASH milik Pengguna akan dianggap sebagai Transaksi dan/atau aktivitas yang sah dari Pengguna, dan oleh karenanya akan mengikat dan memiliki akibat hukum terhadap Pengguna yang bersangkutan.
  6. Kegagalan Pengguna untuk menjaga kerahasiaan PIN Pengguna merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya. Setiap pengiriman PIN yang diverifikasi dari Akun Pengguna akan dianggap sebagai transaksi dan/atau aktivitas yang sah.
  7. Kami tidak pernah meminta Pertanyaan Keamanan kepada Pengguna. Oleh karena itu, Pengguna harus selalu berhati-hati dan tidak merespon segala bentuk panggilan maupun tautan yang dikirim melalui e-mail ataupun website (situs palsu menduplikasi situs resmi RUPICASH) yang ditujukan untuk percobaan penipuan yang mengatasnamakan RUPICASH yang meminta Pengguna untuk memberikan Pertanyaan Keamanan.
BIAYA LAYANAN

Biaya-biaya dalam penggunaan layanan RUPICASH, yang ditetapkan oleh PT Reformasi Uang Pembayaran Indonesia, Bank, maupun oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan PT Reformasi Uang Pembayaran Indonesia, akan dipotong secara langsung dari Saldo RUPICASH dengan pemberitahuan terlebih dahulu. PT Reformasi Uang Pembayaran Indonesia dapat memberlakukan promo bebas biaya dengan kuota dan masa periode tertentu yang dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan tersebut akan diinformasikan melalui media komunikasi yang ditentukan oleh RUPICASH. Jumlah biaya yang dikenakan oleh RUPICASH mungkin berbeda dan akan diinformasikan kepada Pengguna dari waktu ke waktu.
Biaya yang dikenakan pada aplikasi RUPICASH:
*dapat berubah dan diperbaharui sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan layanan dan ketentuan yang berlaku pada Kebijakan PT Reformasi Uang Pembayaran Indonesia dan akan diinformasikan kepada Pengguna melalui media komunikasi yang ditentukan PT Reformasi Uang Pembayaran Indonesia.

KEAMANAN DAN KERAHASIAAN TRANSAKSI
  1. PT. Reformasi Uang Pembayaran Indonesia peduli pada keamanan dan kenyamanan Pengguna pada saat melakukan Transaksi dengan RUPICASH. Oleh karena itu, PT. Reformasi Uang Pembayaran Indonesia memiliki sistem keamanan pada saat Pengguna melakukan Transaksi untuk memberi kepastian kepada Pengguna bahwa Transaksi dan informasi Pengguna aman.
  2. PT. Reformasi Uang Pembayaran Indonesia menggunakan server yang aman untuk menjaga keamanan kerahasiaan informasi Pengguna. Seluruh informasi yang bersifat sensitif dikirimkan melalui teknologi Secure Socket Layer (SSL) antara server, dimana data tersebut hanya dapat di akses oleh personel yang memiliki otorisasi khusus yang diharuskan untuk tetap menjaga kerahasiaan informasi-informasi tersebut.
  3. Pastikan PIN dan Pertanyaan Keamanan Pengguna tidak diketahui oleh siapapun, untuk menghindari adanya penyalahgunaan oleh pihak lain.
  4. Jika terjadi kehilangan akses terhadap Akun dan perangkat yang Pengguna gunakan, untuk langsung menghubungi layanan resmi Kami dan melaporkan kejadian yang terjadi.
  5. Hanya melakukan transfer kepada sesama pengguna jika Pengguna yakin bahwa Akun yang ditujukan adalah benar, jika tidak, transfer lebih baik dilakukan melalui akun bank.
  6. Selalu perhatikan situasi di sekitar Pengguna saat hendak melakukan login dengan memasukkan PIN dan Pertanyaan Keamanan Pengguna.
  7. Selalu melakukan update untuk aplikasi RUPICASH Pengguna, sehingga sistem keamanannya selalu terjaga.
  8. Hanya melakukan pengisian saldo (top-up) Akun RUPICASH Pengguna melalui Kantor PT. RUPI atau transfer melalui bank yang telah bekerjasama dengan PT.RUPI, Layanan ini mungkin dikenakan biaya tertentu dan berbeda tergantung dari setiap layanannya.

Kami tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta Pengguna memberitahukan PIN dan Pertanyaan Keamanan kepada Kami.

PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN DATA
  1. Anda dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa seluruh Data terekam dalam Sistem PT. RUPI. Dengan demikian Anda dengan ini mengakui dan menyetujui serta memberikan kuasa kepada PT. RUPI untuk (baik sendiri maupun dengan menunjuk atau bekerjasama dengan satu atau lebih pihak lain) sepenuhnya mengumpulkan, menggunakan, mengelola, menganalisa, mengolah, menyimpan, mengakses, sebagian atau seluruh Data serta untuk melakukan tindakan apapun atas Data, termasuk tetapi tidak terbatas untuk tujuan: (a) penyediaan, pemberian dan/atau peningkatan Layanan; (b) penggunaan Aplikasi; (c) pendaftaran keikutsertaan Anda sebagai pengguna atau pelanggan Aplikasi atau Layanan dan jasa yang disediakan dalam atau melalui Aplikasi; (d) pengadministrasian, pemrosesan dan/atau pengeloaan Akun (termasuk antara lain untuk keperluan verifikasi, validasi dan/atau pengelolaan Transaksi); (e) riset mengenai data demografis pengguna Aplikasi; (f) pengembangan dan/atau pembaharuan Aplikasi; (g) pengiriman informasi yang PT. RUPI anggap berguna untuk Anda termasuk antara lain informasi tentang Layanan dan/atau Aplikasi maupun informasi mengenai pembaharuan Sistem (atau bagian manapun daripadanya); dan/atau (h) pengembangan, peningkatan, pembaharuan, penggantian dan/atau penyediaan Layanan, Sistem dan/atau Aplikasi.
  2. Anda dengan ini menyatakan, menjamin dan mengakui secara tegas dan tidak dapat dicabut kembali bahwa penyampaian Data kepada PT. RUPI sebagaimana dimaksud butir 1 di atas tidak melanggar hak Anda maupun hak orang atau pihak manapun termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual milik Anda maupun milik orang atau pihak manapun.
  3. Anda menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat menyebabkan PT. RUPI tidak dapat memberikan informasi di atas. Untuk keperluan tersebut, dengan ini Anda juga membebaskan PT. RUPI dari segala kerugian dan tuntutan hukum yang mungkin diderita oleh Anda sebagai akibat dari disampaikannya informasi mengenai Anda. Persetujuan dan kuasa yang ditarik kembali sepanjang Anda melakukan transaksi online dengan PT. RUPI yang secara sah dapat dilakukan diberikan oleh Anda kepada PT. RUPI tidak dapat PT. RUPI tanpa diperlukan tambahan surat persetujuan dan kuasa tersendiri dari Pemohon.
  4. Ketentuan butir 1, 2 dan 3 di atas tetap berlaku dan mengikat Anda dan PT. RUPI meskipun Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Syarat dan Ketentuan telah berakhir.
KEWAJIBAN, PERNYATAAN DAN JAMINAN
  1. Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan, dan/atau Sistem: (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini; (b) untuk tujuan yang sah; dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktifitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh (download) software yang benar untuk perangkat Anda. PT. RUPI tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Sistem atau Aplikasi atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.
  2. Anda dilarang untuk menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktifitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi milik pihak manapun); (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Sistem dan/atau Aplikasi.
  3. Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi atau Akun serta dilarang untuk melakukan Transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Pelanggan dan/atau Penyedia Layanan.
  4. Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
    a. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memenuhi syarat ini, PT. RUPI berhak untuk sewaktu-waktu untuk men-nonaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya;
    b. Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan Akun serta untuk melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan;
    c. Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan;
    d. Anda telah membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan serta telah mengerti dan memahami seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk tunduk dengan serta melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;
    e. Anda menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan rekening ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tidak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan PT. RUPI dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
    f. Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada PT. RUPI atau melalui Aplikasi atau Sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
    g. Layanan, Aplikasi maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf c di atas;
    h. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, Akun dan/atau PIN, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan Akun kepada orang atau pihak manapun; dan
    i. Dalam atau pada saat menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota dimana Anda berada.
  5. Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi Mobile RUPI, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh PT. RUPI akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan PT. RUPI dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.
PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
  1. Layanan PT. RUPI sediakan dalam kondisi “as is” atau “apa adanya”. PT. RUPI tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun.
  2. Anda mengetahui dan setuju bahwa PT. RUPI berhak untuk memblokir dan/atau menutup Akun Anda dan/atau layanan/fasilitas apabila: a.) adanya dugaan tindak pidana atau pelanggaran/bertentangan dengan hukum dan peraturan-perundang-undangan yang berlaku, bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau kriminal yang terkait dengan layanan/fasilitas uang elektronik; b.) Pengguna memberikan Data yang tidak valid/tidak lengkap kepada PT. RUPI; c.) Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. PT. RUPI tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.
  4. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan: (a) Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug; dan/atau (b) Layanan (atau fitur-futur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada PT. RUPI.
  5. PT. RUPI dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas segala Klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:
    a. kehilangan Data;
    b. kehilangan pendapatan, keuntungan atau pemasukan lainnya;
    c. kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Anda atas Transaksi yang sah yang dikonfirmasikan dengan memasukan PIN dengan benar, Aplikasi, Layanan dan/atau Akun atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Anda dalam menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun; atau
    d. Akibat yang timbul atas kesalahan atau kelalaian dari pihak merchant atau partners dalam melakukan transaksi yang dianggap sah dengan Anda.
    e. tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada PT. RUPI, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan yang disengaja atau kelalaian PT. RUPI.
  6. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan PT. RUPI dari segala Klaim dalam bentuk apapun dan dimanapun dalam hal PT. RUPI tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan PT. RUPI termasuk namun tidak terbatas pada: (a) layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan; dan/atau (e) bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan PT. RUPI.
  7. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan PT. RUPI dari setiap dan seluruh Klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
    a. penggunaan Data oleh PT. RUPI berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan kepada PT. RUPI dalam Syarat dan Ketentuan ini;
    b. pemberian Data oleh Anda kepada PT. RUPI atau dalam atau melalui Aplikasi ini yang Anda lakukan secara: (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku; (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun; atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
    c. penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah; (ii) melanggar hukum yang berlaku; (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini; dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
  8. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan PT. RUPI dari setiap dan seluruh Klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
    a. penggunaan Data oleh PT. RUPI berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan kepada PT. RUPI dalam Syarat dan Ketentuan ini;
    b. pemberian Data oleh Anda kepada PT. RUPI atau dalam atau melalui Aplikasi ini yang Anda lakukan secara: (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku; (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun; atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
    c. penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah; (ii) melanggar hukum yang berlaku; (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini; dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
  9. Anda dengan ini setuju bahwa PT. RUPI akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika PT. RUPI tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan PT. RUPI, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya.
  10. Setelah kejadian yang menyebabkan PT. RUPI tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna berakhir, PT. RUPI akan melanjutkan kembali instruksi tersebut.
HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
  1. Seluruh Sistem dan Aplikasi termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi Anda; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik PT. RUPI dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.
  2. Anda dilarang untuk dengan cara apapun dan dalam kondisi apapun menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik PT. RUPI sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari PT. RUPI.
PENANGGUHAN DAN PENGAKHIRAN
  1. PT. RUPI berhak untuk: (i) tidak melaksanakan perintah dari Anda; (ii) tidak melanjutkan atau tidak meneruskan atau membatasi Transaksi; (iii) menghentikan, menangguhkan atau men-nonaktifkan penggunaan Akun, Layanan atau Aplikasi; dan/atau (iv) menghentikan atau menangguhkan keanggotaan Anda sebagai pengguna Aplikasi, dimana untuk masing-masing kondisi tersebut di atas baik untuk sementara waktu, untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan PT. RUPI yang PT. RUPI anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:
    a. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan PT. RUPI sendiri, PT. RUPI mengetahui atau menduga telah atau akan terjadi atau dilakukan penggunaan Akun, PIN, Aplikasi dan/atau Layanan untuk tujuan penipuan, tujuan kriminal, aksi kejahatan dan/atau untuk tujuan, alasan, aksi atau aktifitas lainnya yang melanggar hukum atau peraturan perundang-undangan negara Republik Indonesia maupun negara lain;
    b. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan PT. RUPI sendiri (a) PT. RUPI mengetahui atau menduga terjadi Transaksi yang tidak wajar, dan/atau (b) jumlah Transaksi dengan menggunakan atau melalui Akun dan/atau PIN dalam satu hari melebihi jumlah atau tingkat kewajaran Transaksi, masing-masing sebagaimana ditentukan oleh PT. RUPI;
    c. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan PT. RUPI sendiri, Anda telah melanggar satu atau lebih Syarat dan Ketentuan;
    d. sebagian atau seluruh Data tidak benar, tidak lengkap, palsu, fiktif dan/atau menyesatkan;
    e. alamat email atau telepon yang Anda cantumkan atau gunakan untuk penggunaan Aplikasi atau Layanan atau untuk melakukan Transaksi telah terblokir;
    f. Anda belum melengkapi proses atau persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    g. PT. RUPI sedang melakukan pembaharuan, pemeliharaan, perubahan, up-grade, penyesuaian, penggantian dan/atau tindakan lain atas Aplikasi, Layanan dan/atau Sistem (atau bagian manapun daripadanya) dan untuk itu PT. RUPI tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun; dan/atau
    h. Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi.
  2. Anda dengan ini sepakat untuk mengenyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang- undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.
  3. Akun Anda akan dinonaktifkan apabila dalam hal terjadinya: a. JJika tidak terdapat Transaksi apapun yang dilakukan dalam atau melalui Akun Anda selama periode 6 (enam) bulan berturut-turut; dan
    b. Jika pengakhiran Akun, Layanan atau Aplikasi disebabkan karena pelanggaran yang Anda lakukan atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan.
    c. Dalam hal Akun Anda telah dinonaktifkan, maka Saldo yang masih terdapat di dalam Akun Anda tetap menjadi milik Anda, dan Anda akan diminta untuk melakukan proses pengembalian dana (Refund) melalui Layanan Pelanggan kami yang tercantum dalam aplikasi RUPI.
  4. Anda sepakat untuk mengikatkan diri dan tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang PT. RUPI berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.
HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
  1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
    a. Salah satu pihak baik Anda atau PT. RUPI (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
    b. Jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua. Proses mediasi oleh Mediator wajib dilaksanakan di Indonesia;
    c. Penyelesaian Perselisihan melalui mediator wajib dilakukan dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal penunjukan Mediator (“Periode Penyelesaian Mediasi Pertama”). Dalam hal Perselisihan masih tidak dapat diselesaikan sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Mediasi Pertama, Periode Penyelesaian Mediasi Pertama akan secara otomatis diperpanjang untuk jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender berikutnya (“Periode Penyelesaian Mediasi Kedua”);
    d. Dalam hal Perselisihan tidak dapat diselesaikan sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Mediasi Kedua, Pihak Pertama atau Pihak Kedua dapat mengajukan penyelesaian Perselisihan melalui arbitrase di Indonesia berdasarkan peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan sidang arbitrase akan diselenggarakan di Indonesia. Putusan arbitrase bersifat final dan mengikat.
    e. Anda wajib untuk menanggung seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran masing-masing yang telah atau mungkin masing-masing pihak keluarkan atau bayarkan dalam rangka penyelesaian Perselisihan (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya, ongkos dan pengeluaran untuk menghadiri sidang arbitrase serta untuk mempersiapkan dan mengajukan segala pembelaan, gugatan, tuntutan, informasi, bukti, keterangan dan/atau dokumen apapun dalam rangka pelaksanaan atau selama proses sidang arbitrase) sampai dengan adanya putusan arbitrase yang final dan mengikat;
    f. Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan butir (f) ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau PIN dapat sewaktu-waktu diakhiri atau dinon-aktifkan oleh PT. RUPI baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.
KETENTUAN LAIN
  1. Untuk setiap masalah yang berkaitan dengan Transaksi, Layanan dan/atau Akun, Anda dapat meminta bantuan pada atau dari Layanan Pelanggan PT. RUPI pada nomor [+62 811-809-990] .
  2. Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada PT. RUPI dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.
  3. Anda dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari pengadilan.
  4. Anda dengan ini membebaskan PT. RUPI dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan PT. RUPI berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada PT. RUPI dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang PT. RUPI berdasarkan Syarat dan Ketentuan.

Silakan sampaikan saran dan kritik Anda kepada Rupi.
Kami akan segera merespon pesan Anda.

+62-811-809-990
Senin s/d Jumat 09.00 - 16.00

[email protected]
Kami siap membantu Anda