Frequently Asked Questions

AKUN RUPI SAYA

Bagaimana cara membuat akun Rupi versi Android?
  1. Download Aplikasi Rupi di Google PlayStore
  2. Klik ‘Daftar Akun’ yang terdapat di bawah
  3. Isi Nama, alamat e-mail, dan nomor Ponsel pada halaman Registrasi
  4. Klik tombol "DAFTAR SEKARANG"
  5. Pilih nominal yang diinginkan lalu tekan tombol “SELECT”
  6. Pilih tombol “Beli sekarang”
  7. Tunggu beberapa saat untuk menerima kode OTP yang akan dikirim via SMS (Kode OTP akan dikirim ke nomor yang Anda daftarkan menjadi akun Rupi).Kode OTP adalah kata sandi atau PIN yang dikirimkan oleh sistem ke nomor HP yang didaftarkan saat pembuatan akun untuk aktivasi dan hanya satu kali sesi login awal saja.
  8. Jika sudah berhasil menerima kode OTP, maka silakan masukkan PIN baru 6 angka yang mudah diingat.
  9. Masukkan ulang PIN Anda, maka aplikasi RUPI siap digunakan dengan klik tombol "AYO MULAI".
Bagaimana cara masuk ke Akun RUPI?

Masuk ke Akun RUPI dilakukan cukup kali pertama setelah registrasi, selanjutnya jika sign out (keluar) dari menu profil, maka untuk cara masuk kembali dengan memasukkan nomor Ponsel, lalu klik tombol "MASUK"

Bagaimana cara mengganti PIN akun Rupi saya?
  • Cara mengganti PIN RUPI, yaitu dengan klik menu PROFIL, lalu pilih ubah PIN
  • Masukkan PIN Sebelumnya
  • Buat PIN Baru
  • Masukkan kembali PIN Baru Anda
  • Maka akan ada keterangan BERHASIL, PIN Anda telah diperbarui
Saya lupa password akun Rupi Saya?

Apabila lupa PIN, silakan dapat mengikuti langkah sebagai berikut :

  • Masukkan Nomor Ponsel
  • Klik tombol MASUK
  • Pilih yang bertuliskan "SAYA LUPA PIN SAYA"
  • Masuk ke menu LUPA PIN ANDA?
  • Masukkan nomor ponsel terdaftar Anda untuk memperbarui PIN Anda
  • Klik tombol "BERIKUTNYA"
  • Masukkan Tanggal lahir Anda untuk keamanan data
  • Pilih tanggal dengan klik kolom tanggal tersebut
  • Klik BERIKUTNYA
  • Akan ada keterangan BERHASIL pesan terkirim
  • Cek ponsel Anda kami telah mengirimkan Anda ke nomor terdaftar
  • Pada menu selanjutnya, yaitu "PIN Saat INI" masukkan PIN yang telah dikirimkan ke nomor telpon terdaftar
  • Buat PIN Baru
  • Maukkan PIN Baru Anda
  • Maka akan adanya keterangan PIN Anda telah berhasil diperbarui
Saya mengalami kendala pada tampilan aplikasi?

Silakan lakukan langkah berikut:

  • Pastikan layanan data dan paket internet pada HP masih aktif
  • Pastikan data seluler 'ON'
  • Pastikan fitur GPS pada perangkat juga dalam keadaan aktif
  • Pastikan jaringan operator di mode 3G, H, atau 4G
  • Lakukan force close pada aplikasi RUPI Anda dengan cara hapus file sementara (clear cache) yang tersimpan di memori internal, kemudian buka kembali aplikasi RUPI Anda
Dapatkah saya berbagi Akun RUPI dengan orang lain?

Akun RUPI tidak bisa berbagi ke orang lain dikarenakan transaksi pembayaran dan pembeliannya bersifat pribadi.Kami tidak mengizinkan Anda untuk berbagi akun dengan pengguna lainnya. Berbagi akun dapat diduga penipuan seperti pembajakan akun dan pencurian saldo RUPI. Segala tindakan tersebut tidak akan kami toleransi dengan alasan apa pun. Selain itu, berbagi akun dengan orang lain dapat menimbulkan masalah keamanan yang serius bagi diri sendiri, seperti mereka dapat menggunakan akun Anda untuk melakukan tindakan yang ilegal, dan Anda yang harus bertanggung jawab atas hal itu.

Oleh karena itu, kami akan melakukan pemblokiran untuk pengguna yang tetap melakukan aktivitas berbagi akun.Pemblokiran ini artinya pengguna tidak akan bisa melakukan pemesanan melalui layanan RUPI, dan saldo RUPI pengguna akan ditahan sementara untuk kepentingan investigasi.

Kami memahami kebijakan ini merupakan suatu ketidaknyamanan bagi Anda yang mungkin telah mempercayai orang lain untuk menggunakan akun Anda. Namun, hal ini kami lakukan demi melindungi Anda dan pengguna RUPI lainnya. Terima kasih atas pengertian Anda.

Top-up Saldo Rupi

Apa itu Saldo Rupi?

Saldo RUPI adalah dana yang tersimpan di akun RUPI dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi melalui aplikasi.

Dengan Saldo RUPI tersebut maka dapat melakukan :

  • Pembelian pulsa
  • Token listrik
  • Pembelian voucher game
  • Pembayaran tagihan PLN
  • Pembayaran tagihan PDAM
  • Pembayaran tagihan PDAM
  • Pembayaran tagihan BPJS
  • Multifinance

Saldo RUPI menggunakan mata uang Rupiah dan dapat diisi (Top Up) melalui transfer bank atau virtual account.

Bagaimana cara mengisi (Top Up) Saldo Rupi?
  1. Buka aplikasi RUPI
  2. Klik "TOP UP" yang berada disebelah kanan atas
  3. Masukan nominal yang diinginkan, minimal Rp 50.000
  4. Klik tombol "PILIH METODE PEMBAYARAN"
  5. Pilih metode untuk pembayaran melalui Bank transfer.
  6. Masukan nomor rekening anda dan nama pemilik rekening lalu tekan "BAYAR"
  7. Checkout Berhasil

*Catatan: Mohon dipastikan kembali jumlah transfer dan kode unik harus sesuai.

Mengapa Saldo Rupi saya tidak bertambah setelah saya melakukan Pengisian/Top Up?
  • Pastikan jaringan internet pada HP dalam kondisi stabil
  • Nominal yang di transfer sudah sesuai dengan nilai yang tertera pada notifikasi setelah permintaan pengisian saldo atau Top Up saldo
  • Jika saldo tersebut dikirimkan dari teman, pastikan nomor handphone-nya benar dan terdaftar sebagai pengguna aplikasi RUPI
  • Pastikan juga transaksi dari teman sudah tercatat pada menu ‘Riwayat/History’ pada halaman transfer
Mengapa Saldo Rupi saya berkurang sedangkan transaksi masih dalam proses di operator?

Apabila transaksi masih dalam proses, namun saldo telah berkurang, maka hal tersebut merupakan proses awal yang sedang berlangsung dari sistem secara otomatis untuk diolah ketahap berikutnya. Pemberian cashback akan diterima oleh nomor yang digunakan dalam bentuk penambahan saldo, setelah itu maka status transaksinya akan dinyatakan berhasil. Jika status pembelian mengalami kendala pending saat dikirimkan kenomor tujuan lainnya, maka dapat melakukan pengecekan berkala setelah 5 jam kedepan dan maksimal 1x24 jam. Namun apabila status transaksinya gagal, maka sistem akan melakukan pengembalian saldo secara otomatis.

Mengapa saya tidak dapat menggunakan Saldo Rupi saya?

Tidak bisa menggunakan saldo RUPI dapat disebabkan sambungan internet pada Smartphone tidak stabil atau saldo yang tersedia tidak sesuai dengan nilai pembeliannya. Apabila terjadi error pada aplikasi, silakan cek versi terbaru dari aplikasi untuk unduh ulang dan dapat juga dibantu lebih lanjut dengan menghubungi layanan Chat atau e-mail langsung dari aplikasi RUPI.

Berapa batas limit Saldo Rupi?

Batas maksimal untuk saldo RUPI member Silver adalah Rp. 1.000.000 (satu juta Rupiah). Sedangkan batas maksimal untuk saldo RUPI member Gold adalah 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) Transaksi pengiriman atau penerimaan akan gagal apabila nominal pengisian atau penerimaan tersebut melebihi batas maksimal yang ditentukan.

Dimana saya dapat melihat riwayat transaksi Saldo Rupi saya?

Untuk melihat status transaksi bisa dilihat pada halaman Transaksi. Silakan melakukan pengecekan secara berkala dengan menarik kuorsor kebawah untuk me-refresh aplikasinya.

Bagaimana bila saya salah dalam melakukan pembayaran dalam Top Up?

Apabila salah melakukan pembayaran melalui ATM dikarenakan nilai transfer tidak sesuai dengan kode unik yang dari permintaan Top-Up, maka statusnya akan pending. Dengan demikian, silakan mengirimkan detail permasalahannya melalui e-mail yang tersedia di halaman bantuan aplikasi RUPI.

Bagaimana jika pilihan Bank yang ingin saya gunakan tidak ada?

Mengenai pilihan Bank untuk pembayaran, memang ditentukan oleh PT. Rupi Digital Indonesia dan jika pilihan Bank belum tersedia, maka akan ada pengembangan sistem layanan dan update aplikasi dengan VERSI terbaru.

Pulsa & Data

Bagaimana cara melakukan transaksi pembelian Pulsa atau Paket Data?
  1. Pilih Pembelian
  2. Pilih Pulsa & Data
  3. Masukkan Nomor telepon yang akan diisi Pulsa atau Paket Data
  4. Pilih nominal Pulsa atau Paket Data yang diinginkan
  5. Tekan 'Pilih'
  6. Klik 'PAY NOW'
  7. Masukkan Nomor PIN
  8. Muncul notifikasi yang menunjukkan bahwa transaksi tersebut sukses
Bagaimana cara berjualan Pulsa atau Paket Data?

Cara berjualan Pulsa dan Paket Data sama seperti melakukan pengisian ulang Pulsa atau membeli Paket Data pada umumnya, yaitu ketika diminta masukkan nomor telepon, silakan isi dengan nomor yang ingin dikirimkan / nomor tujuan pembeli Pulsa atau Paket Datanya.

Harga yang tertera di kami adalah harga dasar dari operator yang berlaku secara nasional dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. Bila ingin dijual kembali, maka dapat dinaikkan sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan Pulsa atau Paket Data.

Mengapa Pulsa atau Paket Data belum diterima di nomor tujuan?

Pulsa atau paket Data belum masuk ke nomor tujuan bisa disebabkan oleh proses sedang berjalan di sistem RUPI, hal ini memerlukan waktu maksimal 1 jam setelah transaksi berhasil dilakukan.

Apabila terjadi antrian/pending, maka prosesnya akan dibantu lebih lanjut dengan mengisi detail permasalahan melalui e-mail di aplikasi RUPI setelah 1 jam transaksinya dan maksimal 1x24 jam.

Bagaimana jika transaksi pembelian Pulsa atau Paket Data gagal?

Jika pembelian Pulsa atau Paket Data "GAGAL", Dana yang sudah keluar akan dikembalikan ke Saldo Rupi Anda. Pengembalian saldo dapat dilihat pada halaman "TRANSAKSI" di halaman Akun Anda.

Dimana saya bisa melihat status transaksi saya?

Untuk melihat status transaksi bisa dilihat pada halaman "RIWAYAT". Mohon lakukan pengecekan secara berkala atau refresh aplikasi RUPI untuk perubahan status pembelian Anda dengan cara menarik kursor kebawah.

Apakah bisa mengisi Pulsa atau Paket Data ke nomor yang sama lebih dari 1 kali?

Untuk pembelian Pulsa dan Paket Data bisa dilakukan lebih dari "1 KALI" dengan nomor yang sama. Mohon pastikan kembali untuk nomor yang akan diisi sudah benar. Pastikan kembali saldo RUPI Anda mencukupi untuk memenuhi banyaknya transaksi yang akan dilakukan.

Mengapa Pulsa atau Paket Data yang saya dapatkan berbeda dari nominal yang telah saya beli?

Dipastikan tidak adanya perbedaan antara Pulsa atau Paket Data yang didapatkan dengan nominal yang dibeli, tetapi jumlah Pulsa atau Paket Data tersebut karena memang dibeli sesuai ketersediaan dan pilihan transaksi di aplikasi RUPI.

Jika terdapat ketidaksesuaian kuota Paket Data maupun jumlah Pulsa, atau nominal yang diterima, silakan menuliskan keluhannya melalui email RUPI yang tersedia dihalaman bantuan aplikasi.

Apakah Pulsa atau Paket Data yang saya beli di Rupi akan menambah masa aktif?

Penambahan masa aktif bergantung sepenuhnya dari ketentuan operator. Ada produk yang menambah masa aktif (pulsa biasa) dan ada yang tidak (pulsa transfer). Untuk memastikan produk yang Anda beli menambah masa aktif atau tidak, silahkan Anda dapat langsung menghubungi operator. Agar dapat memastikan produk yang dibeli bertambah masa aktifnya, silahkan dapat langsung menghubungi operator penyedianya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses transaksi pulsa dan paket data?

Semua transaksi Pulsa atau Paket Data diproses langsung dari operator. Jika jaringan transaksi normal, Pulsa maupun Paket Data akan diterima dalam waktu 3-10 menit kedepan. Namun untuk maksimal waktu proses suatu transaksi mohon dapat ditunggu maksimal 1X24 jam dan lakukan pengecekan berkala setelah 5 jam kedepan. Jika Pulsa atau Paket Data masih tidak diterima dalam waktu maksimal 5 jam, silahkan hubungi CS RUPI .

Apakah ada notifikasi jika isi Pulsa atau Paket Data telah berhasil?

Notifikasi Pulsa dan Paket Data yang "BERHASIL ATAU GAGAL" akan Anda terima melalui NOTIFIKASI dari Aplikasi. Nomor telepon yang berhasil diisikan Pulsa atau Paket Data juga akan menerima NOTIFIKASI dari provider berupa SMS.

Mengapa produk yang saya cari tidak tersedia pada list produk ?

Apabila tertulis gangguan dan saldo tidak berkurang setelah melakukan pembelian, maka silakan mencoba kembali 1 jam kedepan secara berkala. Untuk produk pulsa yang terdapat keterangan gangguan, maka pada saat tersebut sedang terdapat gangguan jaringan/gangguan proses transaksi pada produk pulsa tersebut. Untuk keamanan transaksi maka produk kami non-aktifkan sementara waktu sehingga tidak dapat dilakukan pembelian. Namun silahkan Anda dapat mengecek produk secara berkala karena jika jaringan dari operator sudah normal, maka produk akan kami aktifkan dan bisa dilakukan pembelian kembali.

Bagaimana jika status pembelian berhasil namun Pulsa dan Paket Data tidak diterima?
  • Jika status pembelian Berhasil dan sudah tertera nomor Serial Number (SN) atau nomor referensi di halaman Pesanan Anda tetapi Pulsa dan Paket Data belum diterima, silahkan Anda dapat langsung menghubungi operator Pulsa dan Paket Data yang Anda beli untuk melakukan pengecekan dengan menyebutkan nomor SN atau nomor referensi yang tertera di halaman Pesanan.
  • Namun jika Anda mendapatkan status pembelian berhasil tetapi tidak tertera nomor SN ataupun nomor referensi pembelian, silahkan Anda dapat menghubungi CS Rupi melalui email di bantuan@rupi.id dengan menyebutkan Order ID transaksi Anda untuk dilakukan pengecekan kembali oleh tim kami atau telepon
Apakah pembelian Pulsa atau Paket Data bisa dibatalkan?

Untuk pembelian Pulsa dan Paket Data yang sudah dalam proses operator ataupun yang sudah dinyatakan berhasil, tidak dapat "DIBATALKAN" ataupun dilakukan "REFUND (PENGEMBALIAN SALDO)".

Bagaimana jika saya salah memasukkan nomor?

Jika Anda salah memasukkan nomor pengisian Pulsa atau Paket Data yang sudah dalam proses operator, maka transaksi tidak dapat dibatalkan. Begitu juga bila transaksi Pulsa atau Paket Data telah berhasil. Apabila nomor tersebut tidak aktif, namun transaksi pembelian Pulsa atau Paket Data berhasil, maka pembelian tidak dapat dibatalkan. Silahkan pastikan kembali nomor telepon Anda sebelum dilakukan pengisian Pulsa atau Paket Data.

Token & Tagihan PLN

Bagaimana cara membeli token PLN di Rupi?
  1. Buka aplikasi Rupi
  2. Pilih tombol pembelian
  3. Pilih tombol PLN
  4. Masukan ID PLN anda di kolom “PLN ID”
  5. Pilih nominal yang diinginkan lalu tekan tombol “SELECT”
  6. Pilih tombol “Beli sekarang”
  7. Masukan PIN akun rupi anda dan tunggu beberapa saat
  8. Akan muncul notifikasi “berhasil”
Dimana saya bisa mendapatkan nomor token PLN yang sudah saya beli?

Token PLN yang telah di beli akan dikirimkan melalui SMS ke nomor Hp yang tercantum pada halaman pembelian dan tertera riwayat pemesanan.

Dimana saya bisa melihat riwayat transaksi pembelian PLN saya?

Untuk melihat status transaksi bisa dilihat pada halaman "RIWAYAT". Silahkan dapat di cek secara berkala atau lakukan refresh secara berkala untuk perubahan status pembelian Anda.

Apakah bisa untuk cetak struk transaksi PLN ?

Untuk pembelian Token PLN tidak bisa dicetak akan tetapi anda bisa menunjukan Nomor token yang tertera pada transaksi pembelian token PLN tersebut.

Apakah saya bisa membelikan token PLN orang lain?

Tentu saja, Anda bisa memasukkan nomor meter PLN yang ingin dilakukan pembelian token/pembayaran, dan masukkan nomor Hp untuk penerima sms notifikasi Token PLN.

Bagaimana jika status pembelian PLN saya "proses di operator"?

Jika status pembelian Anda Proses di operator, maka saat ini transaksi Anda sedang dalam proses di PLN pusat. Jika jaringan normal, maka transaksi akan berhasil dalam waktu 3-10 menit. Namun jika transaksi Anda belum juga berhasil dalam waktu tersebut, mohon menunggu terlebih dahulu dalam waktu maksimal 1x24 jam dan lakukan pengecekan setelah 5 jam kedepan. Jika transaksi Anda gagal dana akan kami kembalikan ke saldo Anda secara otomatis pada sistem.

Apakah pembelian token PLN bisa 24 jam dilakukan?

Untuk pembelian Token PLN bisa dilakukan sepanjang waktu kecuali pada pukul 23.00 s/d 01.00 WIB. Karena pada jam tersebut server dari PLN pusat akan melakukan pemeliharaan sistem/cutoff sehingga semua proses transaksi akan diproses setelah pada pukul 01.00 WIB